3 Prinsip Mengatasi Android Lemot yang Mudah untuk dilakukan


Jan 21, 2017 oleh Tim .B



DroidNet - Android lemot ? Gampang gan, tidak perlu khawatir karena disini saya akan membahas cara mempercepat kinerja android.

Untuk agan-agan yang senang bermain game(apalagi game 100MB keatas), pasti menginginkan supaya androidnya tetap berjalan dengan smooth supaya mainnya enak, ya gak ?

Pasti lah. Bahkan yang cuma pake smartphonenya buat browsing, teleponan, sosmed saja pasti gak betah kalo smartphonenya lemot.

Sebelum saya melanjutkan lebih dalam, sebenarnya apa sih yang membuat android kita menjadi lemot ?

Mari kita bahas.

Penyebab Performa Android Menjadi Turun (a.k.a Lemot)



Kenapa android kita lemot sih ? Ada banyak alasan, antara lainnya adalah :
  • Memori yang kepenuhan
  • Android kemasukan virus
  • Kebanyakan download-download (entah itu aplikasi atau apapun)
  • Faktor hardware
Itulah beberapa faktor yang paling umum dan yang pernah saya alami. Saya akan bahas 4 hal tersebut satu per satu.

1. Memori Android Kepenuhan


Kita bahas mulai dari memori kepenuhan. Kebanyakan android lemot itu karena memorinya kepenuhan. Entah itu memori internal, eksternal, atau RAM.

Kalau agan suka instal banyak aplikasi, pantesan aja kalo gitu gan. Kalau mau banyak instal aplikasi, pakailah memori yang lebih besar kapasitasnya.

Apalagi agan-agan yang seneng main game. Kalo bisa beli memori 32GB+ deh. Jangan sampai memori sudah kepenuhan tetapi masih dipaksa instal aplikasi (dimuat-muatin)



Jelas android pasti lemot, karena dengan banyaknya pemakaian ruang didalam memori akan membuat kinerja semakin melambat.

Coba sekarang agan bayangkan sebuah ember. Ember kosong pasti jauh lebih ringan untuk diangkat daripada ember yang sudah diisi air.

Begitupula android gan. Android yang kapasitas memorinya masih luas, performanya juga pasti masih cepat gan. Berbeda dengan android yang memorinya sudah terisi, apalagi terisi penuh.

2. Virus Yang Menginfeksi Android


Kemudian sekarang virus. Virus sudah semakin berkembang seiring berkembangnya teknologi. Lalu bagaimana virus tersebut bisa masuk ?

Kalau agan suka mengunduh file dari luar(bukan dari playstore), apalagi download aplikasi/game yang sudah dimod, dijamin sangat amat mudah untuk diserang dengan yang namanya virus.



Aplikasi dari Google Play Store saja sekarang sudah ada yang terinfeksi oleh virus, padahal Google memiliki proteksi supaya aplikasi-aplikasinya tidak kemasukan virus.

Tetapi nyatanya masih ada yang bisa lolos kan ? Nah apalagi kalau file tersebut dari luar, dimana file tersebut diupload tanpa filter dan tidak diketahui apakah file tersebut terinfeksi virus atau tidak.

Yang paling ngeselin dari kemasukan virus itu bisa muncul iklan tiba-tiba. Terus bisa instal aplikasi tanpa perintah kita, dan masih banyak lagi.

Hal-hal tersebutlah yang membuat android kita menjadi lemot. Maka dari itu saya bukannya melarang agan untuk mengunduh file/aplikasi dari sumber yang tidak diketahui, tetapi agan harus lebih berhati-hati dengan sumber tak dikenal.

Agan boleh saja mengunduh file/aplikasi dari sumber yang tidak diketahui asalkan agan sudah memiliki backingan(berupa antivirus, frimware untuk flash ulang, dsb) yang kuat.

Selain itu, kalau handphone agan dalam kondisi rooted, harus lebih berhati-hati. Karena handphone yang tidak rooted saja mudah kemasukan virus apalagi handphone yang sudah rooted.

Kenapa dalam kondisi rooted lebih rentan virus ? Karena rooted = menelanjangi sistem android agan, makanya handphone root lebih gampang kemasukan virus.

So, lebih berhati-hati ya gan.

3. Keseringan Download (aplikasi, gambar, video, musik, dsb)


Nah, kalau yang ini perpaduan nomor 1 dengan nomor 2 gan. Dijamin deh gan, handphone keseringan dipake buat download-download performanya pasti cepat turun.

Kenapa ? Semuanya sudah saya jelaskan diatas tadi. Kalau begitu kita lanjut ke point yang satu lagi yaitu faktor hardware.

4. Faktor Hardware


Tidak semua android memiliki hardware yang mendukung supaya performanya berjalan cepat. Kalau agan memiliki handphone yang RAM nya baru 512MB, pasti baru di isi dikit udah ngelag.

Setidaknya handphone agan harus memiliki RAM sebesar 1GB kalau mau terhindar dari yang namanya lag. Selain itu perhatikan juga CPU nya.

Kalau masih dual-core, pasti cepet ngelag. Apalagi single-core(jaman sekarang udah jarang sih). Setidaknya kalau agan mau terhindar dari lag, handphone agan harus memiliki CPU quad-core.

Jadi sebelum membeli handphone, lihat dulu spesifikasinya dengan benar. Sekarang banyak kok handphone yang sudah memiliki RAM 1GB dan CPU nya sudah quad-core.

Bahkan smartphone keluaran Smartfren, yaitu Andromax A harganya cuma 600ribu, RAM nya sudah 1GB dan sudah quad-core.

Sudah bisa terhindar dari yang namanya lag.

Nah, itulah faktor-faktor yang menyebabkan android agan menjadi lag. Sekarang, apa yang bisa agan lakukan supaya android agan tidak ngelag lagi ?

Ada beberapa prinsip yang harus agan lakukan supaya handphone agan tidak ngelag lagi.

Gampang kok. Tinggal ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar. Silahkan dibaca dengan seksama gan, jangan sampai ada yang terlewat.

1. Menghapus Aplikasi/File Yang Tidak Terlalu Butuhkan


Karena saya bilang kalau memori kepenuhan itu bisa bikin android ngelag a.k.a lemot, sekarang yang harus agan lakukan adalah menghapus aplikasi/file yang agan tidak butuhkan.

Agan bisa menghapus : entah itu game yang sudah jarang agan mainin atau aplikasi sosmed yang jarang agan pakai, atau bisa juga menghapus foto dan video yang tidak agan butuhkan.

Terserah apapun itu yang penting intinya menghapus. Selain itu, ada 1 hal yang perlu agan ketahui.

1 hal ini sangat penting tetapi banyak pengguna android yang tidak mengetahuinya. Agan tahu tidak apa itu thumbnails ? Nggak tau ? Mari kita bahas.

Kalau agan memiliki foto/video didalam android agan, akan ada suatu folder yang tersembunyi yang bernama thumbnails terbentuk secara otomatis dan folder ini ukurannya besar yang artinya menghabiskan ruang pada android.

Sebenarnya apa sih thumbnails ini ? Sejujurnya saya juga tidak tau apa itu thumbails, tetapi setelah searching di om google, akhirnya ketemu juga apa itu thumbnails.

Apa itu thumbnails ?
Thumbnails adalah foto beresolusi kecil(berukuran kecil) yang mewakili gambar-gambar diandroid kita. Thumbnails ini gunannya untuk mempercepat galeri saat membuka gambar/video yang ingin kita lihat.


Masih gak mudeng gan ? Saya jelasin pelan-pelan deh. Coba sekarang agan buka galeri.

Terus masuk kesalah satu folder, folder apa saja yang mau agan buka. Jangan buka foto dulu, coba agan lihat, pasti semua foto tersebut meskipun bentuknya persegi panjang, tapi tetap menjadi sebuah kotak.

Ini maksud saya. Coba perhatikan screenshot galeri ini. Semua gambar tersebut berbentuk persegi sama sisi.



Padahal saat dibuka ternyata gambar tersebut berbenuk persegi panjang. Nah gambar-gambar persegi sama sisi tersebut yang namanya thumbnails.



Paham kan sekarang ? Nah, karena thumbnails ini ukurannya besar dan pasti agan nggak mau ada si thumbnails ini, saya punya solusinya supaya si thumbnails ini tidak ada lagi dan tidak akan pernah tercipta dengan sendirinya lagi.

Caranya adalah :
  • Pertama-tama, download dulu ES File Explorer;
  • Masuk kemudian aktifkan mode Tampilkan file tersembunyi;
  • Masuk kedalam penyimpanan internal, kemudian masuk ke folder DCIM, lalu hapus folder .thumbnails;
  • Klik tanda 3 titik di pojok kanan atas, lalu klik Baru kemudian pilih File;
  • Namakan file tersebut .thumbnails(harus menggunakan titik);
Sekarang, folder thumbnails tersebut tidak akan muncul lagi didalam memori agan. Coba lihat free space nya, bertambahkan ? Itu sudah pasti karena thumbnails ini bisa sampai 1GB bahkan lebih.

"Pantesan HP gua ngelag dari kemaren min... hadeh"

Kalau agan sudah selesai menghapus thumbnails dan menghapus file/aplikasi yang tidak agan butuhkan, sekarang mari kita lanjut.

2. Jangan Pernah Percaya Dengan Yang Namanya Aplikasi Booster


Agan pasti tau kan apa maksud saya aplikasi booster disini ? Aplikasi booster maksudnya aplikasi yang "katanya" bisa mempercepat kinerja android agan.

Apa saja aplikasi-aplikasi ini ?
  • CCleaner
  • Baidu Booster
  • 360 Security
  • dkk
Bagi agan-agan yang pakai aplikasi ini, kalo bisa hapus aja deh. Aplikasi ini menurut saya tidak terlalu berguna dan bahkan bisa merusak.

Beneran.

Aplikasi ini hanya menghentikan aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang dan menghapus beberapa data yang menurutnya file sampah. Kedengarannya bagus ya ? Padahal...

...aplikasi ini terkadang menghapus data-data agan yang mungkin penting dan berguna. Aplikasi seperti itu juga mampu menghapus thumbnails tetapi bukan membuat thumbnails lenyap selamanya.

Hal tersebut berbeda dengan yang saya ajarkan kepada agan tadi. Dimana file thumbnails tersebut tidak akan pernah ada lagi.



Terus tadi saya bilang aplikasi seperti itu bisa merusak, merusak dari mananya sih ? Begini deh. Sudah lumayan banyak aplikasi yang terinfeksi virus didalam Google Play dan salah satunya adalah aplikasi-aplikasi seperti yang saya sebutkan, semenara virus ini sangat tidak kita inginkan dan berbahaya bagi android serta mampu merusak android.

Aplikasi seperti itu juga terkadang menampilkan iklan yang mengganggu dan yang parahnya, iklan itu makan kuota. Coba kalo yang keluar iklan berupa video(agan pasti tau), makin banyak kuota yang terserap.

Kan rugi.

Mungkin kalau dilihat sekarang, memang bisa dikatakan tidak ada iklannya lagi tapi, jujur deh gan, apakah agan merasakan kalau android agan jadi tambah cepat ?

Kalau ya bagus tapi kalau tidak, lebih baik hapus saja deh. Karena bukannya membantu tapi justru nambah beban. Oh iya, aplikasi seperti ini juga membuat android berjalan lebih berat karena aplikasi ini justru berjalan terus sekalipun kita close.

Jadi... agan masih tertarik pakai aplikasi begituan ?

3. Merawat Android dengan Benar


Ini dia prinsip terakhir supaya android agan tetap berperforma. Dengan merawat android agan dengan benar, maka android pasti akan awet plus nggak lemot.

Terus bagaimana cara merawat android dengan benar ? Mudah sekali. Kuncinya sebenarnya cuma dua. Jangan kebanyakan download dan jangan memaksa android.

Maksud saya memksa disini adalah :
  • Kalau kapasitas memori sedikit, jangan kebanyakan nyimpen file apalagi dimuat-muatin;
  • Jangan dimainin terus, selain gak sehat buat agan, gak sehat juga buat si droid.
Kalau android kelamaan dipakai, apa yang terjadi ? Panas kan ? Apalagi kalau android agan merknya Asus. Mungkin Asus bagus dalam hal lain tetapi satu kelemahan Asus yaitu cepet panas.

Cepat panas ini sangat tidak baik untuk android dan bisa berdampak buruk pada performa android. Maka dari itu pakailah android agan seperlunya saja, saat agan butuh saja.

Jangan dimainin terus.

"Hehehe... iye sih gan, tapi gimana nanti gua bales doi"

Hadeh, yaudah lah itu sih DL(derita lo). Gak lah, canda gais. Baiklah mungkin sampai sini dulu artikelnya.

Oh iya, satu lagi. Satu lagi yang harus agan ketahui yaitu JANGAN PERNAH PERCAYA KALO UPDATE APLIKASI ITU LEBIH BAIK. Ini salah satu kekeliruan banyak orang. Katanya, makin sering update makin baik.

Padahal sebenarnya bukan seperti itu. Yang bener itu, update itu menambahkan fitur baru pada aplikasi/menyempurnakan sesuatu yang diversi sebelumnya sering menjadi bug.

Tetapi bukan berarti semakin baik juga. Kalau dari segi yang saya sebutkan tadi itu, kelihatannya memang baik. Tapi efek buruk dari update aplikasi itu, nambah beban.

Saya sudah bahas diatas kalau semakin besar beban yang didalam android, maka kinerja akan semakin lambat. Jadi lihat dulu sebelum update. Jangan ada updatetan langsung update. Tidak selamanya update itu baik.

Dilihat dulu apakah ada yang baru dan berguna serta lebih memudahkan penggunaan, atau sama saja ? Lihat juga komnar orang (biasanya ada direview aplikasi di Google Play Store)

Oke, sekian dulu dari saya. Semoga artikel diatas dapat menyelesaikan masalah agan yang mengeluh kenapa androidnya lelet. Mohon maaf bila ada kesalahan kata ya gan.

Jangan lupa untuk share, follow, dan subscribe blog ini supaya blog ini bisa lebih maju lagi dan bila ada pertanyaan, bisa langsung ke kotak komentar dibawah. Saya undur diri dulu, terimakasih.

SELAMAT BERKUNJUNG KEMBALI GAN

No comments :