Cara Mengatasi Xposed is not (yet) compatible with Android SDK [19/21/22/23


Feb 5, 2017 oleh Tim .B



DroidNet - Xposed Installer merupakan tweak untuk android yang sudah dikenal oleh banyak orang. Meskipun demikian, ternyata Xposed ini masih memiliki beberapa kendala.

Apa sajakah kendala tersebut ? Mari kita bahas disini.

Kendala tersebut antara lainnya adalah SDK android yang tidak compatible dengan Xposednya. Misalkan seperti : Xposed is not (yet) compatible with Android SDK [19/21/22/23].

Hal ini sering dipertanyakan oleh banyak orang. Mengapa hal seperti ini terjadi ? Seperti yang tertera pada Xposed Installer agan, yaitu "Xposed is not (yet) compatible" yang berarti Xposed Framework tidak cocok dengan SDK pada android agan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Supaya agan tetap bisa pakai Xposed Installer ? Gampang, semuanya akan saya bahas disini.

Perlu saya perjelas dahulu. Kalau agan masih menggunakan OS KitKat kebawah, maka agan harus menggunakan Xposed Installer v2.7 dan menginstalnya seperti biasa.

Jika agan menggunakan OS Lollipop keatas, yang harus agan gunakan adalah Xposed Installer v3.0 supaya device tetap compatible. Tetapi, Xposed Framework pada OS Lollipop harus diinstal sendiri via CWM/TWRP.

Untuk agan yang menggunakan OS KitKat kebawah, berarti masalah sudah beres karena agan hanya perlu mengunduh Xposed Installer v2.7 kemudian menginstal frameworknya seperti biasa.

Tetapi, untuk agan yang sudah menggunakan OS Lollipop keatas, agan harus mengunduh framewroknya dulu. Pengunduhan framework tidak bisa dilakukan sembarangan karena agan harus mengetahui arsitektur CPU dan SDK device agan dulu.

Untuk agan yang menggunakan OS Lollipop 5.0 berarti agan menggunakan SDK 21, sedangkan untuk agan yang menggunakan OS Lollipop 5.1 berarti agan menggunakan SDK 22, dan untuk agan yang menggunakan OS Marshmallow berarti agan menggunakan SDK 23.

Lalu, untuk mengtahui arsitektur CPU, agan bisa baca artikel dibawah ini.

Cara Cek/Mengetahui Arsitektur CPU Android





DroidNet - Artikel singkat untuk mengetahui arsitektur CPU (sekalian spesifikasi) android dengan mudah. Yang harus agan lakukan pertama adalah mengunduh CPU-Z dari Google Play... Read More

Sudah mengtahui arsitektur CPU agan ? Mari kita lanjutkan lagi.

Oh iya, untuk agan yang menggunakan device Samsung dan Xiaomi, frameworknya akan berbeda lagi. Jangan ikuti untuk pengguna samasung dan xiaomi karena pasti akan berujung pada bootloop.

Silahkan agan unduh framewrok untuk device agan.

SDK 21 ARM ARM64 x86
SDK 22 ARM ARM64 x86
SDK 23 ARM ARM64 x86

Untuk pengguna Xiaomi silahkan masuk ke XDA Forum, sementara pengguna Samsung, agan harus memiliki rom odexed dan deodexed untuk model samsung agan kemudian silahkan pilih frameworknya dibawah ini.

Samsung Android L ARM ARM64
Android M ARM ARM64

Kalau agan sudah mengunduh frameworknya, sekarang pastikan kalau file .zip (frameworknya) berada didalam internal storage.

Note : untuk mencegah terjadinya bootloop, silahkan agan unduh Xposed Uninstaller juga supaya kalau terjadi kesalahan, tinggal masuk ke recovery mode dan tinggal flash Xposed Uninstallernya [unduh]

Proses Penginstalan Framework


Kita lanjut kedalam proses penginstalan frameworknya. Ingat, karena filenya dalam bentuk zip, maka agan harus menginstalnya via CWM/TWRP.

Sebelumnya juga agan harus mengunduh Xposed Installer 3.0 alpha dulu untuk nanti mengatur module-module yang akan agan gunakan. Agan bisa mengunduhnya dari sini.

Kalau semuanya sudah siap, mari kita mulai proses penginstalannya.

Langkah 1. Masuk ke mode CWM/TWRP dengan kombinasi tombol pada smartphone agan (tiap device berbeda, silahkan cari digoogle untuk selengkapnya)

Langkah 2. Pilih Instal zip(pada CWM) atau Instal(pada TWRP) kemudian cari lokasi file zip.

Langkah 3. Pilih Yes(pada CWM) atau Swipe(pada TWRP) untuk memulai proses flashing.

Langkah 4. Tidak memakan waktu lama, penginstalan akan seleai, sekarang reboot kembali kedalam sistem.

Langkah 5. Sekarang instal Xposed.apk seperti biasa dan lihatlah apa yang terjadi.

Nah, itulah Cara Mengatasi Xposed is not (yet) compatible with Android SDK (19/21/22/23) Semoga artikel diatas dapat membantu agan.

Mohon maaf bila ada kesalahan bahasa atau lainnya dan jika ada pertanyaan bisa langsung ke kotak komentar dibawah. Jangan lupa share, follow, dan subscribe Blog ini ya gan.

SELAMAT BERKUNJUNG KEMBALI

CREDIT TO : rovo89, arter97, and SolarWarez from XDA

No comments :